PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BERBANTUAN MEDIA MECHIWA (CONGKLAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 3 LEMBAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PANESHA, ARISTI CHAYANI (2019) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BERBANTUAN MEDIA MECHIWA (CONGKLAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 3 LEMBAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Panesha Aristi Chayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan tradisional berbantuan media mechiwa (congklak) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 3 Lembar Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Lembar Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik boring sampling, yaitu sampel yang mewakili jumlah populasi atau disebut juga total sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Lembar Selatan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika, yang mana instrumen penelitian sebelumnya telah dilakukan uji validitas. Pengujian prasyarat analisis dilakukan pada uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan perhitungan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,029 ≤ 0,05, sedangkan hasil uji analisis hipotesis menunjukkan nilai t-hitung 2,279 ≥ t-table 2,029 pada taraf signifikan 5% dengan df = 36 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh permainan tradisional berbantuan media mechiwa (congklak) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 3 Lembar Selatan tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permainan tradisional berbantuan media mechiwa (congklak) dan hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:43
Last Modified: 27 Aug 2020 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item