PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT ) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TIA, ARSA DEA ERPATIRA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT ) TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TIA SKRIPSI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Penlitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya metode dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dan berakibat pada rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA siswa SD Gugus III Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini mengguanakn Teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 58 siswa yang terbagi menjadi kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian masing-masing kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model snowball throwing sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan selanjutnya setiap kelas diberikan post-test. Hasil uji hipotesis yang menggunakan t-tes dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukkan ada Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Gugus Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2019/2020, dengan hasil 7,827 > 2,0042 pada taraf signifikasn 5%. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : Model Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:43
Last Modified: 27 Aug 2020 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item