PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUSMAYATI, SUSMAYATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUSMAYATI (E1E215147).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus V Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Perlakuan yang diterapkan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimental tipe non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus V Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari 27 orang siswa kelas IV SDN 19 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan SDN 29 Cakranegara yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pursposive sampling, yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar IPA siswa dengan dengan nilai rata-rata pre-test 44,38 dan post-test 57,66. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa pada pre-test 45,56 dan post- test 64,44. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Selisih skor siswa yang dianalisis menggunakan uji independent sample test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3,226 > 2,002 dan rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen sebesar 64,44 > 57,66 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak da hipotesis penelitian (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:44
Last Modified: 27 Aug 2020 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item