PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KELAS X SMAN 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NIKE PUTRI UTAMI, BQ. (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KELAS X SMAN 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi BQ. NIKE PUTRI UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika pada materi fungsi kelas X SMAN 1 Kuripan tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling karena populasi homogen sehingga diperoleh sampel kelas X MS-1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan X MS-2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t separated varians untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika pada materi fungsi kelas X SMAN 1 Kuripan tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai hasil maksimal dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, perlu diperhatikan pada tahap penomoran (numbering), dimana setiap peserta didik diberikan nomor berdasarkan tingkat kesulitan soal dan kemampuan peserta didik. Alokasi waktu pada setiap pertemuan juga harus diperhatikan agar setiap tahap pembelajaran Numbered Head Together terlaksana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif , Numbered Head Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:44
Last Modified: 27 Aug 2020 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item