PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 3 MATARAM YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) DAN STUDET TEAM ACHICVMENT DIVISION(STAD).

M. JANUARDI, RAHMATULLAH (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 3 MATARAM YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) DAN STUDET TEAM ACHICVMENT DIVISION(STAD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain(POE) dan Student Team Achievement Division(STAD). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 3 Mataram tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelasdengan jumlah peserta didik secara keseluruhan yaitu 235. Sampel ditentukan dengan teknik purposive samplingsehingga terpilih kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen I dan VII 5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan tes isian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil uji t pada kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai t hitung< t tabelyaitu 0,396 < 1,998, dan pada uji t pada hasil belajar diperoleh nilai t hitung< t tabelyaitu 1,587 < 1,998. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain(POE) dan Student Team Achievement Division(STAD).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Predict Observe Explain, Student Teams Achievement Divisions, Berpikir kritis, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:53
Last Modified: 11 Sep 2020 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item