PERUBAHAN NILAI KIMIAWI DAN NILAI ORGANOLEPTIK YOGHURT DENGAN PENAMBAHAN JUS BLEWAH (Cucumis melo L var. Cantalupensis Naudin) SELAMA PROSES PENYIMPANAN

ROSTAMI, YAHYA (2020) PERUBAHAN NILAI KIMIAWI DAN NILAI ORGANOLEPTIK YOGHURT DENGAN PENAMBAHAN JUS BLEWAH (Cucumis melo L var. Cantalupensis Naudin) SELAMA PROSES PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROSTAMI YAHYA (B1D015220).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan nilai kimiawi dan nilai organoleptik yoghurt dengan penambahan jus blewah (Cucumis melo L var. Cantalupensis Naudin) selama proses penyimpanan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September-Agustus 2019 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) untuk pembuatan yoghurt dan uji organoleptik, sedangkan uji kimiawi di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan adalah 2460 ml susu kerbau dengan penambahan jus blewah (Cucumis melo L var. Cantalupensis Naudin) 300 ml, dan susu skim 90 gram. Peneiltian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial yaitu dengan 2 perlakuan dan 3 kali ulangan untuk setiap lama penyimpanan (0, 14, 28 hari) yang kemudian data hasil penelitian ini akan dianalisis dengan ANOVA (Analisis Sidik Ragam) dengan software SAS dan apabila terdapat perbedaan yang nyata maka akan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan, sedangkan data hasil penelitian untuk uji hedonik akan dianalisis menggunakan t- Test. Data hasil analisis menunjukkan penambahan jus blewah meningkatkan kadar air (P<0,05), meningkatkan kadar lemak kasar (P<0,05) dan kadar abu (P<0,05), akan tetapi menurunkan kadar protein (P<0,05). Lama penyimpanan berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein kasar, kadar lemak kasar dan kadar abu. penambahan jus blewah berpengaruh nyata terhadap warna, aroma dan penerimaan (P<0,05), akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap rasa dan tekstur (P>0,05). Secara umum penambahan jus blewah belum bisa menyamai tingkat kesukaan pada yoghurt pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Yogurt, blewah, kadar air, kadar abu, lemak kasar, protein kasar, uji organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:38
Last Modified: 14 Sep 2020 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item