PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEROLEHAN KONSEP BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIKKELAS XIMIAMAN 1 MATARAM

HIDAYATUL, AINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEROLEHAN KONSEP BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIKKELAS XIMIAMAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HIDAYATUL AINI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalahterhadapkemampuan pemecahan masalahdan pemahaman konsep fisikapeserta didikMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakanadalah quasi experiment dengandesain penelitian non-equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas XI MIA 1 sebanyak 37peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebanyak 38 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik adalah instrumen tes berupa tes uraian sebanyak 5butir soal dan instrumen untuk mengukur pemahaman konsep fisika peserta didik adalah instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soalyang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji MANOVA berbantuan IBMSPSS 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00. Taraf signifikan yang digunakan ialah0,05 maka dapat dikatakan 0,00 < 0,05 yang artinya bahwa H0ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika peerta didik kelas XI MIA MAN1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah,pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item