PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNINGTIPE TEAMS GAMESTOURNAMENT(TGT) TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wiwik, Romansyah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNINGTIPE TEAMS GAMESTOURNAMENT(TGT) TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative LearningTipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap keterampilan menghitung peserta didik kelas IV SDN 5 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen designtipe nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 5 Ampenan tahun pelajaran 2018/219 yang terdiri dari kelas IV/A, IV/B dan IV/C.Teknik samplingpenelitian ini adalah sampling purposive.Metode pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data dilakukandengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesismenggunakan rumus t-testpolled varians. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata keterampilan menghitung pada kelas eksperimen sebesar 81,63 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 71 jadi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkansedangkan , dengan kata lain, . Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika maka H0ditolak dan Ha diterima.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative LearningTipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap keterampilan menghitung peserta didik kelas IV SDN 5 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Cooperative LearningTipe TeamsGames Tournament(TGT), Keterampilan Menghitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16871

Actions (login required)

View Item View Item