PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DIKPORA PROVINSI NTB TAHUN AJARAN 2018/2019

SRI, ANGGRIANINGSIH (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DIKPORA PROVINSI NTB TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan metodebercerita untuk mengembangkanketerampilan sosial anak pada usia 5-6 tahun di TKDharma Wanita Persatuan DikporaProvinsi NTBTahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Subyek penelitian ini adalah semua anak kelasB2 yang berusia 5-6 tahun di TK DharmaWanita Persatuan Dikpora Provinsi NTB yang berjumlah 20anak. Untuk memperoleh datadalam penelitian ini proses pembelajaran dilakukan dua dalam tahap pengembangan, setiaptahap pegembangan terdiri dari tiga kegiatanyaitu kegiatan awal menyiapkan media danmembuka wawasan anak tentang tema, kegiatan inti yaitu anak menyimak cerita dari guru,kegiatan penutup guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkanperasaannya.Hasil penelitian menunjukkan tahap pengembangan I dicapai presentasenilai sebsar73,16%temasukkategori baik. Tahap pengembangan II nilai presentasi meningkat menjadi81,25% kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa metode bercerita yang dilakukan secara tepatdan berulang-ulang di TK Dharma Wanita Persatuan Dikpora Provinsi NTB dapatmeningkatkan keterampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bercerita, Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item