PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEPFISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

SULASTRI, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEPFISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SULASTRI (E1Q015066) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Didapatkan kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 3 yang masing-masing kelas berjumlah 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penguasaan konsep fisika diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan menggunakan tes uraian. Hipotesis penelitian ini terdiri dari 3 hipotesis, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dua hipotesis diuji menggunakan uji t independentdan satu hipotesis lainnya diuji menggunakan uji manova dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS 23.Uji hipotesis t independentmenghasilkan penguasaan konsep sebesar 3,57 dan kemampuan berpikir kritis sebesar 3,40 lebih besar dibanding yang memiliki nilai 2,00, sehingga Ho ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Uji hipotesis manova menghasilkan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dibanding 0,05. Berdasarkan ketetapan maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil ini didukung dengan uji N-gain, dimana besarnya nilai N-Gain untuk penguasaan konsep fisika sebesar 0,61 termasuk dalam kategori sedang dan 0,78 untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep Fisika, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item