IDENTIFIKASI DAN DOMINANSISPESIESGULMA PADA LAHAN BUDIDAYA KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)DI DUSUN BUWUH, DESA MAMBALAN, LOMBOK BARAT SEBAGAI BAHANAJAR MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI

Annisa, Septian Nur’ Ihsani (2019) IDENTIFIKASI DAN DOMINANSISPESIESGULMA PADA LAHAN BUDIDAYA KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)DI DUSUN BUWUH, DESA MAMBALAN, LOMBOK BARAT SEBAGAI BAHANAJAR MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_IDENTIFIKASI DAN DOMINANSI SPESIES GULMA PADA LAHAN BUDIDAYA KACANG TANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi spesies gulma yang ditemukandan mengetahui spesies gulma yang dominan pada lahan budidaya kacang tanah sebagai referensi bahan ajarmata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan secara langsung melalui metode kuadrat yang berukuran 0,5 x 0,5 meter. Pembagian sampel dilakukan secara simple random samplingdan terbagi menjadi tiga area, yaitu daerah petakkacang tanah, daerah antar petak kacang tanah dan daerah luar petak untuk menentukan dominansi spesiesgulma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 famili, 15 genus dan 19 spesies gulma yang ditemukan pada lahan budidaya kacang tanah. Spesies gulma yang mendominasi lahan budidaya kacang tanah adalah Sida rhombifoliadengan nilai SDRsebesar 15,66%. Herbarium, deksripsi ciri-ciri spesies gulma, dan kunci determinasi dapat digunakan sebagai komponen bahan ajar mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bahan ajar, dominansi, identifikasi, lahan kacang tanah, spesies gulma
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:55
Last Modified: 11 Sep 2020 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item