KETIDAKSETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN (Studi Deskriptif di Dusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai kecamatan Praya kabupaten Lombok Tengah)

RAHNI, RAHNI (2020) KETIDAKSETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN (Studi Deskriptif di Dusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai kecamatan Praya kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk-bentuk Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan di Dusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai Kecamatan Praya, faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di Dusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai Kecamatan Praya. Jenis pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif . Tek hnik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik pengambilan sample untuk subjek penelitian Snowball sampling dan untuk informan penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling. Tekhnik analisis data yang di gunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di Dusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai Kecamatan Praya terdiri dari beberapa: (1) Marginalisasi (peminggiran) terhadap perempuan (2) Subordinasi( penomorduaan), Stereotipe (pelabelan atau pemberian cap xiiiegative), Kekerasan (fsikis), dan Beban ganda. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaksetaraan gender dalam pendidikan didusun Montong Sejagat Desa Mekar Damai terdiri dari: (1) faktor internal (2) faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ketidaksetaraan gender, pendidikan, perempuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:38
Last Modified: 14 Sep 2020 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item