PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIA SMAN 3 MATARAM

I GEDE, ARYA SUARDANA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIA SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Mataram. Jenis Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 3 Mataram yang terdiri dari 205 orang dan tersebar di 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari peserta didik kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dan peserta didik kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Team Assited Individualization (TAI) berbantuan kartu kuartet. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar kimia. Uji hipotesis dengan uji-t separated varians menunjukan hasil thitung (6,55) > ttabel (1,69) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) berbantuan kartu kuartet memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrokarbon kelas XI MIA SMAN 3 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): team assisted individualization, kartu kuartet, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:56
Last Modified: 11 Sep 2020 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item