LALU, JAGAB BIORAMA IMTA (2020) TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK TERHADAP PEMESANAN MAKANAN YANG DIBATALKAN OLEH KONSUMEN DALAM TRANSAKSI GO – FOOD. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI LALU JAGAB BIORAMA IMTA D1A 014 169.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk hubungan hukum para pihak dalam transaksi Go-Food dan menjelaskan tanggung jawab para pihak terhadap pembatalan pemesanan oleh konsumen dalam transaksi Go-Food. Metode penelitian yang digunakan adalah metode hukum normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat para pihak dalam transaksi Go-Food yaitu, PT. Go-jek, driver, merchant dan konsumen, hubungan hukum para pihak dalam transaksi Go-food adalah kemitraan yang sama-sama bersifat independen antara PT. Go-jek, driver dengan merchant. Sedangkan PT. Go-jek dan Konsumen hanya sebagai penyedia layanan aplikasi dan penggunan layanan aplikasi, Driver dan Merchant sebagai perantara antara merchant dan konsumen yang menjual jasa pengantaran makanan sehingga dapat dikatakan tidak ada hubungan hukum yang spesifik antara driver dan merchant. Merchant dan Konsumen hanya menimbulkan hubungan jual beli saja. Kemudian tanggungjawab atas pembatalan pesanan yang dilakukan sepihak oleh konsumen merupakan tanggungjawab dari PT. Go-jek untuk melakukan ganti kerugian, selama kesalahan tersebut bukan dari driver dan memenuhi kriteria pesanannya fiktif dan tidak ada unsur kelalaian dari driver.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Tanggungjawab, Konsumen, Kemitraan |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 08:38 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 08:38 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16884 |
Actions (login required)
View Item |