PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MTsN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

DEVI, HARIYANTI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MTsN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DEVI HARIYANTI. E1A015005 (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap keterampilan proses sains, 2) pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPA, dan 3) pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPA secara bersama-sama. Jenis penelitian ini ialah quasy eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Mataram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan lembar tes kognitif yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, 2) model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar IPA, dan 3) model pembelajaran Guided Inquiry dengan pemanfaatan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:38
Last Modified: 14 Sep 2020 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item