KADAR PROTEIN DAN LEMAK SUSU KUDA YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DI DESA MONGGO KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA DAN DISIMPAN SELAMA DUA MINGGU

SYAMSIAH, SYAMSIAH (2020) KADAR PROTEIN DAN LEMAK SUSU KUDA YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL DI DESA MONGGO KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA DAN DISIMPAN SELAMA DUA MINGGU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYAMSIAH VINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein dan kadar lemak susu kuda yang dipelihara secara tradisional di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima dan di simpan di freezer selama dua minggu. Penelitian telah dilaksanakan bulan Febuari-Maret 2020 dengan mengunakan metode observasi langsung di kandang kuda untuk pemeliharaan dan pengambilan sampel susu, kemudian analisa kadar protein dan kadar lemak susu segar dan susu sampel susu yang telah disimpan selama dua minggu dalam freezer di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan adalah sampel susu dari 5 ekor kuda laktasi dengan variasi periode laktasi 1- 4 dan variasi laktasi masa laktasi 1- 9 bulan. Data yang diperoleh dibahas menggunakan Aritmatic Mean dan Standard Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan kadar protein susu kuda segar 1.46 ± 0.15% meningkat menjadi 1.49 ± 0.11% setelah disimpan selama dua minggu di dalam freezer. Sebaliknya kadar lemaknya menurun dari 1.46 ± 0.06% menjadi 1.45 ± 0.08% setelah disimpan selama dua minggu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kadar protein dan lemak susu kuda yang dipelihara di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima masih dikatengorikan rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Susu kuda segar dan susu yang disimpan di freezer, Kadar Protein, Kadar Lemak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:38
Last Modified: 14 Sep 2020 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item