PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

TINA, IRMAYANI (2019) PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobabilty sampling, yaitu sampel jenuh. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gusus V Kecamatan Selaparang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Mataram sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 43 Mataram sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (posttest) uji normalitasnya diuji menggunakan uji Liliefors dengan hasil 0,01< 0,05 kemudian uji homogenitasnya diuji menggunakan uji Levene’s test dengan hasil 0,724 > 0,05, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal dan variannya homogen. Selanjutnya, karena data berdistribusi tidak normal, maka data dianalisis dengan menggunakan uji U Mann Whitney, hasil signifikansinya sebesar 0,01 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa nilai ttest < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Guided Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item