Tegar Septiaji Pramudyawan, M. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KIT ALAT PERCOBAAN USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
M. TEGAR SEPTIAJI P. ( E1Q 015 034) PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MS SMAN 1 Kediri. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t polled varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kit alat percobaan usaha dan energi terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kit alat percobaan usaha dan energi, penguasaan konsep, fisika. peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 08:37 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 08:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16906 |
Actions (login required)
View Item |