PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LUH AYU WIRIANTINI, NI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi - E1E015070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V SDN 19 Cakranegara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode quasi experimental design dengan pola nonequivalen group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 19 Cakranegara sebanyak 62 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk tes uraian (pre-test dan post-test). Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung=4,598 sedangkan ttable = 1,671 dengan db = 60 pada taraf signifikansi 5% sehingga thitung=4,598 > ttable = 1,671, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis IPA peserta didik di SDN 19 Cakranegara Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata- kata Kunci : Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain), Keterampilan berpikir kritis IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item