DISPARITAS PIDANA TERHADAP PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA DENGAN MUTILASI (Studi Kasus Putusan Nomor : 1036/Pid/B/2008/PN.DPK dan 44/Pid.B/2014/PN.Srp)

PRADIPTHA, HIMAWAN PUTRA (2020) DISPARITAS PIDANA TERHADAP PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA DENGAN MUTILASI (Studi Kasus Putusan Nomor : 1036/Pid/B/2008/PN.DPK dan 44/Pid.B/2014/PN.Srp). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX PDF PRADIPTHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam menjauthi sebuah putusan di kedua kasus tersebut berdasarkan sistem hukum positif di Indonesia dan untuk mengetahui apa penyebab terjadinya disparitas terhadap kedua kasus putusan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa, hakim dalam memberikan putusan dalam kedua kasus tersebut adalah hanya berpatokan kepada pertimbangan yuridis dan non yuridis tanpa ada pedoman pemidanaan yang mengatur secara relevan dan konkrit. Seharusnya dengan adanya kebebasan hakim dalam menjatuhkan putusan haruslah memiliki dasar pedoman pemidanaan yang jelas dan struktural agar hasil dari pertimbangan dalam penjatuhan pidana tersebut dapat di pertanggung jawabkan baik secara yuridis maupun non yuridis. Penyebab terjadinya perbedaan penjatuhan putusan di dalam kedua putusan yakni adanya unsur disparitas pemidanaan adalah dikarenakan adanya perbedaan pertimbangan hakim terkait fakta-fakta hukum yang terungkap di dalam persidangan contohya pertimbangan hakim secara yuridis dan non yuridis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Disparitas, Pidana, Pembunuhan Berencana
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item