THE STUDY OF DISPOSITIONAL QUALITIES OF THE MAIN CHARACTER IN PALACIO’S NOVEL ENTITLED “WONDER” TOWARDS ITS IMPLEMENTATION FOR CHARACTER EDUCATION

ULFIA, RAHMATIN (2020) THE STUDY OF DISPOSITIONAL QUALITIES OF THE MAIN CHARACTER IN PALACIO’S NOVEL ENTITLED “WONDER” TOWARDS ITS IMPLEMENTATION FOR CHARACTER EDUCATION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS ULFIA R. FINAL (E1D016097).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas disposisi tokoh utama, Auggie, dalam novel Wonder (2012) karya Palacio terhadap penerapannya pada pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai yang disebutkan dalam Kurikulum 2013 Indonesia (K-13). Metode deskriptif kualitatif yang didukung dengan pendekatan analisis tekstual digunakan untuk menganalisis data dengan mengacu pada teori pendidikan karakter oleh Lickona (1991), didukung oleh teori Kepribadian Humanistik Maslow. Hasil analisis data menunjukkan bahwa disposisi Auggie sebagai karakter utama Wonder telah berkembang. Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi lingkungan dan masyarakat, seperti terpenuhinya cinta dan penerimaan dari orang lain. Di awal Wonder, ditemukan bahwa Auggie adalah anak yang baik hati-manja-lemah- tidak percaya diri-takut-terisolasi. Tapi sepanjang cerita, dia bermetamorfosis menjadi seorang anak laki-laki dewasa yang ramah-berani-percaya diri. Ada beberapa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Wonder sebagaimana disebutkan dalam kurikulum 2013 sebagai berikut: jujur, peduli dan percaya diri berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, kerja tim, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, persahabatan dan kepedulian. untuk sosial dan perdamaian ditemukan. Namun beberapa nilai pendidikan karakter yaitu religius, toleransi, disiplin, kreatif, bertanggung jawab, minat baca, nasionalisme, patriotisme dan kepedulian lingkungan tidak ditemukan. Oleh karena itu, Palacio’s Wonder dapat direkomendasikan sebagai salah satu materi atau sumber pendidikan bahasa Inggris bagi siswa SD dan SMP karena mempromosikan pendidikan karakter yang tertuang dalam buku dengan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Karakter, Novel, Keajaiban, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item