PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK

RANGGA, ALIF FARESTA (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-RANGGA ALIF FARESTA_E1Q016056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D atau Define, Design, Develop dan Disseminate. Tahap penelitian dilakukakan sampai pada uji coba secara terbatas. Produk hasil penelitian pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Kelayakan modul fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal) dan validitas isi menggunakan statistik Aiken’s V. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, modul fisika , angket motivasi berprestasi dan soal kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,20 dan 3,43 dengan kategori sangat baik dan penilaian berdasarkan uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif layak dilanjutkan ke tahap uji coba operasional dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Berpikir kreatif, modul fisika, motivasi beprestasi, pendekatan konflik kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16916

Actions (login required)

View Item View Item