PENGARUH KOMBINASI PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas) DAN DAGING AYAM TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, SIFAT FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS

NURUL, SAFITRI (2020) PENGARUH KOMBINASI PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas) DAN DAGING AYAM TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, SIFAT FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahui pengaruh kombinasi penambahanubijalarungu(Ipomoea batatas)terhadap aktivitasantioksidan, sifat fisik dan nilai organoleptik sosis daging ayam. Penelitianinidilaksanakan pada tanggal 21 sampai 28 Oktober2019. Lokasi penelitian pembuatan sosis, uji sifat fisik dan nilai organoleptik dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) FakultasPeternakan Universitas Mataram danuntukujianalisisantioksidandilakukan di LaboratoriumAnalisisFakultas MatematikadanIlmuPengetahuanAlam (MIPA) UniversitasMataram. Padapenelitianinianalisis data menggunakanAnalisis of Varian (ANOVA) atas dasar Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu P0 (kontrol), P1 (Ubijalarungu 10%), P2 (Ubijalarungu15%) dan P3 (Ubijalarungu 20%) dan dilanjutkan dengan uji jarak ganda Duncan. Data sifat organoleptik (warna, rasa, aroma, tekstur dan penerimaan) sosis, dianalisis menggunakan SPSS kemudian dibahas secara deskriptif.Penambahanubijalarungu (Ipomoea batatas) memberikanpengaruh yang nyata (P<0,05) terhadapkeempukandanmemberikanpengaruh yang nyataterhadap pH (P>0,05).Penambahanubijalarungumemberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap parameter teksturdanwarnaakantetapitidakberpangaruh nyata (P>0,05) terhadap rasa, aroma danpenerimaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sosis, antioksidan, sifat fisik dan organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:37
Last Modified: 14 Sep 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16918

Actions (login required)

View Item View Item