PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII-C SEMESTER I SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018

AINI, MIRAWATUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII-C SEMESTER I SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
skripsi Fix ira pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga pada materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes evaluasi belajar siswa berupa tes uraian yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian terlihat adanya peningkatan dalam keaktifan siswa, yaitu skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 8,67 berkategori cukup aktif dan pertemuan 2 10,67 berkategori aktif. Sedangkan skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 12,33 berkategori aktif dan pertemuan 2 14,00 berkategori sangat aktif. Tidak hanya aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa juga meningkat dengan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar pada siklus I yaitu 78,67 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 74% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 79,26 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 87%. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Alat Peraga, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:02
Last Modified: 24 Mar 2018 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item