PENERAPAN METODE MNEMONIC BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 42 MATARAM TAHUN 2017/2018

RAHMATIA, BAIQ WINDA (2018) PENERAPAN METODE MNEMONIC BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 42 MATARAM TAHUN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ WINDA RAHMATIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV B SDN 42 Mataram Tahun 2017/2018 yang disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam belajar, penggunaan metode dan media pembelajaran yang tidak bervariasi, banyaknya materi IPA yang harus dipelajari, serta kurangnya waktu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode mnemonic berbantuan media gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif berupa 10 item soal pilihan ganda, dan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode mnemonic berbantuan media gambar selama pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,28 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode mnemonic berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV B SDN 42 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode mnemonic, media gambar, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:02
Last Modified: 24 Mar 2018 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item