EVALUASI KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var. cantalupensis) DENGAN MELON (Cucumis melo L.) PADA KONDISI KAPASITAS LAPANG TANAH SUBOPTIMAL

Wijayanti, Wijayanti (2020) EVALUASI KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var. cantalupensis) DENGAN MELON (Cucumis melo L.) PADA KONDISI KAPASITAS LAPANG TANAH SUBOPTIMAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIJAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakter kuantitatif beberapa genotipe hasil persilangan blewah (Cucumis melo var. cantalupensis) dengan melon (Cucumis melo L.) pada kondisi kapasitas lapang tanah suboptimal. Penelitian ini dilaksanakan di screen house lahan percobaan Kelompok Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah (KPS) Pamansam, desa Narmada, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat. Percobaan ini dilakukan dari bulan Desember 2019 – Februari 2020. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) atau Split Plot Design dengan satuan percobaan Kapasitas Lapang (100% KL dan 75% KL) sebagai Petak Utama (Main Plot) dan Genotipe (G1 = (P1) tetua betina (blewah), G2 = (P2) tetua Jantan (melon), G3 = F1 hasil persilangan blewah dengan melon, G4 = F2 hasil persilangan blewah dengan melon, G5 = F3 hasil persilangan blewah dengan melon, G6 = F4 hasil persilangan blewah dengan melon) sebagai Anak Petak (Sub Plot) yang ditata dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Genotipe G1, G2, G3, G4, G5 dan G6 diulang sebanyak 4 kali sehingga diperoleh 48 unit percobaan. Semua parameter pengamatan yang dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman pada taraf nyata 5% dan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) jika berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakter kuantitatif beberapa genotipe hasil persilangan blewah dengan melon pada kondisi air suboptimal. Genotipe memberikan pengaruh terhadap panjang tanaman, panjang buah, bobot buah, kadar gula dan panjang akar. Kondisi suboptimal (kapasitas lapang 75%) memberikan pengaruh terhadap parameter panjang tanaman dan bobot buah. Terdapat interaksi antara perlakuan kapasitas lapang dengan genotipe pada parameter panjang tanaman, panjang buah, bobot buah, dan kadar gula.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : karakter kuantitatif, blewah, melon, optimal, suboptimal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:36
Last Modified: 14 Sep 2020 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item View Item