PELUANG DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA DALAM NEW SOUTHERN POLICY KOREA SELATAN

ANNISA, PRASASTI RAMADHANINGTYAS (2020) PELUANG DIPLOMASI EKONOMI INDONESIA DALAM NEW SOUTHERN POLICY KOREA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(ANNISA PRASASTI RAMADHANINGTYAS)_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan yang terus menguat telah menciptakan hubungan yang semakin erat diantara kedua negara. Hubungan yang semakin erat ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara, khususnya untuk mencapai kepentingan nasional Indonesia. Salah satu cara yang digunakan dalam mencapai kepentingan nasional Indonesia adalah melalui diplomasi ekonomi. Diplomasi ekonomi dapat ditafsirkan sebagai proses negara dalam menghadapi tantangan dunia luar untuk memaksimalkan pendapatan nasional mereka di seluruh bidang seperti perdagangan, investasi, dan berbagai bentuk pertukaran yang menguntungkan secara ekonomi dimana mereka menikmati keunggulan komparatif. Dalam tulisan ini akan dibahas lebih jauh mengenai hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan, terutama yang menjadi pokok bahasan yaitu mengenai peluang diplomasi ekonomi Indonesia, baik berupa peningkatan peluang diplomasi ekonomi maupun peluang diplomasi ekonomi baru yang muncul dari dikeluarkannya kebijakan New Southern Policy (NSP) oleh Korea Selatan pada tahun 2017. NSP merupakan kebijakan yang dibentuk oleh Korea Selatan pada masa pemerintahan Presiden Moon Jae In. Kebijakan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan Korea Selatan dengan negara-negara anggota ASEAN dan India. Untuk lebih mendukung analisis peluang diplomasi ekonomi Indonesia, dalam tulisan ini juga dijelaskan mengenai kondisi internal dan eksternal Indonesia dalam mencapai kepentingan nasional Indonesia menggunakan analisis SWOT yang terdiri atas strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman). Keseluruhan informasi mengenai hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan serta hasil dari analisis SWOT Indonesia kemudian dianalisis untuk melihat peluang maupun penguatan diplomasi ekonomi Indonesia yang muncul dengan hadirnya NSP. Selain itu, Untuk menganalisis dan memahami keseluruhan fenomena di atas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Indonesia, Korea Selatan, Diplomasi Ekonomi, New Southern Policy, Kepentingan Nasional
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:36
Last Modified: 14 Sep 2020 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item