KERAGAMAN GENETIK DAN HERITABILITAS KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE BLEWAH LOKAL (Cucumis melo var. cantalupensis) PADA KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN

WINDA, KARTIKA SARI (2020) KERAGAMAN GENETIK DAN HERITABILITAS KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE BLEWAH LOKAL (Cucumis melo var. cantalupensis) PADA KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi keragaman genetik dan heritabilitas karakter kuantitatif beberapa genotipe blewah lokal p.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai koefisien keragaman genetik (KKG) dan heritabilitas karakter kuantitatif beberapa genotipe blewah lokal yang ditanam dalam kondisi cekaman kekeringan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan di lahan percobaan ditanam di dalam polibag. Rancangan percobaanyang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) atau split plot dengan satuan percobaan petak utama ditata menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan faktor kadar lengas sebagai petak utama dan faktor genotipe sebagai anak petak, dimana ada empat genotipe yaitu, G1 = Blewah lokal Lombok Barat, G2 = Blewah lokal Lombok Tengah, G3 = Blewah lokal Lombok Timur , G4 = Blewah lokal Lombok Utara. Dan terdapat tiga faktor kadar lengas yaitu P1 = 100%, P2 = 80%, dan P3 = 60%, dengan jumlah ulangan sebanyak empat kali, sehingga diperoleh 48 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai KKG dan heritabilitas yang diperoleh beragam. Nilai KKG paling tinggi diperoleh pada karakter kadar gula (80,37%), dan terendah pada karakter umur panen (5,79%). Nilai heritabilitas yang tergolong rendah yaitu pada karakter tingkat kekerasan buah (0,02), tergolong sedang pada karakter jumlah daun (0,33), dan yang tergolong tinggi pada karakter panjang tanaman (0,68), umur panen (0,56), diameter buah (0,71), panjang buah (0,88), bobot buah (0,74), kadar gula (0,89), tebal daging (0,93), dan luas daun (0,51).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :KKG, Heritabilitas, Blewah, Cekaman Kekeringa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item View Item