PERAN PEREMPUAN TERHADAP PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN SWAGOTRA ARTAGIRI DESA SABEDO KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA

Nurul, Haerani (2020) PERAN PEREMPUAN TERHADAP PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN SWAGOTRA ARTAGIRI DESA SABEDO KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Full_Skrips_Nurul Haerani_Cetak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kegiatan yang melibatkan perempuan dan tingkat keterlibatan peran perempuan dalam pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Swagotra Artagiri. Lokasi penelitian terletak di Desa Sabedo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan alat bantu kuesioner terhadap 35 responden yang dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2020. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam pengelolaan HKm Swagotra Artagiri memiliki kegiatan yang dilakukan dalam masing-masing aspek yaitu aspek tata kelola kawasan, aspek tata kelola kelembagaan dan aspek tata kelola usaha. Pada aspek tata kelola kawasan, jenis kegiatan yang dilakukan berupa persiapan lahan, penanaman, pemupukan, pengendalian hama, pemanenan dan pengangkutan. Pada aspek tata kelola kelembagaan jenis kegiatan yang dilakukan berupa pertemuan kelompok, kepengurusan kelompok, pemberian pendapat dalam pertemuan/rapat, pengambilan keputusan kelompok, pembuatan awik-awik, kegiatan pengaturan kapasitas kelompok. Pada aspek tata kelola usaha jenis kegitan yng dilakukan berupa pemilihan hasil HKm untuk diolah maupun langsung dipasarkan, pengelolaan HKm menjadi suatu produk lain, pengemasan dari produk yang dihasilkan, penentuan tempat untuk memasarkan hasil/produk HKm, langsung memasarkan sendiri hasil HKm/produk, Pengantaran hasil/produk HKm ke tempat pembeli/pasar. Tingkat keterlibatan perempuan dalam dalam aspek tata kelola kawasan adalah sangat tinggi, dan tingkat keterlibatan perempuan dalam aspek tata kelola kelembagaan adalah tidak terlibat serta pada aspek tata kelola usaha memiliki tingkat peran perempuan yang kurang terlibat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam pengelolaan HKm Swagotra Artagiri dilihat dari 3 aspek yaitu tata kelola kawasan, tata kelola kelembagaan dan tata kelola usaha, termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Perempuan; Hutan Kemasyarakatan; Pengelolaan Hutan.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item