KECENDRUNGAN WARNA TANAH DAN STATUS BAHAN ORGANIK PADA LAHAN PERTANIAN YANG MENGALAMI PENUTUPAN AWAN RENDAH BERBASIS PETA TERRA MODIS DI PULAU LOMBOK

Dewanti, Ayu Fitriani (2020) KECENDRUNGAN WARNA TANAH DAN STATUS BAHAN ORGANIK PADA LAHAN PERTANIAN YANG MENGALAMI PENUTUPAN AWAN RENDAH BERBASIS PETA TERRA MODIS DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALL IN ONE FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang kecendrungan warna tanah dan status bahan organik pada lahan pertanian yang mengalami penutupan awan rendah berbasis peta terra modis di Pulau Lombok. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kecendrungan warna tanah dan status bahan organik pada ahan pertanian yang mengalami penutupan awan rendah secara terus-menerus berbasis peta Terra Modis di Pulau Lombok. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif, data yang di gunakan adalah data yang di peroleh dari pengambilan langsung sampel di lahan (kemudian di lakukan analisis sampel di laboratorium), data tutupan awan yang di peroleh dari satelit Terra dan data peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) yang dapat di peroleh dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah NTB (BAPPEDA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di pulau Lombok Penutupan awan rendah pada tipologi ahan kering dengan jenis tanah Inceptisols, tidak menyebabkan perubahan pada warna matrik dasar utama (hue) tanah, kecerahan warna (chroma), kecuali erhadap variabel kejenuhan warna (value) yang berbeda sebesar 0,5 unit, dimana lahan yang tertutup awan cendrung berwarna lebih gelap dibanding ahan tanpa penutupan awan dan tampak tanda permulaan, bahwa bahan rganik yang tidak signifikan perbedaan kadarnya pada kedua kondisi lahan, ersebut memperlihatkan respon warna tanah 7,5 YR 2,5/2 kearah lebih kelam pada lahan tertutup awan daripada tahan tanpa penutupan yang berwarna. 2,5 YR 3/2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Terra Modis, Tipe Iklim, Awan Rendah, Bahan Organic, Warna Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item