PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CCM CCA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS PESERTA DIDIK

SIRLAILY, FITRIANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CCM CCA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sirlaily Fitriana (E1Q015061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik saat proses pembelajaran dan mengetahui pengaruh model pembelajaran CCM CCA terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fluida statis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Praya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah bagian yang lebih kecil dari populasi seperti sekelompok objek, orang, pristiwa dan sebagainya yang merupakan representasi dari keseluruhan. Kemampuan pemecahan masalah diperoleh pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang dilengkapi intrumen kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep. Kemampuan pemecahan masalah diukur dengan soal uraian, sedangkan penguasaan konsep diukur dengan soal pilihan ganda. Hipotesis penelitian diuji dengan uji MANOVA untuk melihat pengaruh perbedaan penerapan model pembelajaran CCM CCA pada peserta didik di tiga kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis memberikan kesimpulan: Uji Manova Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CCM CCA terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika peserta didik di ketiga kelas eksperimen, karena sig. < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran CCM CCA berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fluida statis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model pembelajaran CCM CCA, kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item