KAJIAN PENGARUH TETUA BETINA (MATERNAL EFFECT) PADA HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.)

Aziza, Pithria Adyani (2020) KAJIAN PENGARUH TETUA BETINA (MATERNAL EFFECT) PADA HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Revisi after ujian, AZIZA P.A-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tetua betina (maternal effect) terhadap sifat-sifat kuantitatif hasil persilangan blewah (Cucumis melo var cantalupensis L.) dengan melon (Cucucmis melo L.). Kegiatan penelitian dilakukan di Desa Peresak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat sejak September hingga Desember 2019. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat genotipe : P1 (blewah sebagai tetua betina), P2 (melon sebagai tetua jantan), F1, dan F1R (keturunan pertama hasil persilangan resiprok pada blewah dengan melon). Semua perlakuan diulang sebanyak enam kali sehingga terdapat 24 unit percobaan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (Analysis of Varians). Data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan letak pewarisan sifat terhadap karakter-karakter kuantitatif yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh tetua betina pada karakter diameter batang dan ketebalan daging buah, sehingga pewarisan sifatnya berada di luar inti sel. Sedangkan tidak adanya pengaruh tetua betina pada karakter diameter buah, panjang buah, bobot buah, panjang tanaman, cabang produktif, kadar gula dan umur panen, sehingga pewarisan sifatnya berada di dalam inti sel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Maternal effect, blewah, melon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item View Item