PERAN MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN TENUN DI DESA SUKARARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

LALU, DIDIK APRIAWAN (2020) PERAN MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KERAJINAN TENUN DI DESA SUKARARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Didik Apriawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan peran modal sosial yang dimiliki oleh masyarakat dalam proses pengembangan industri kerajinan tenun di desa Sukarara. Fokus pada penelitian ini yaitu mengidentifikasi peran modal sosial dan mengetahui hambatan pada proses pengembangan industri kerajinan tenun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal sosial dan hambatan dalam proses pengembangan industry kerajinan tenun di Desa Sukarara. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep modal sosial dari Putnam. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi lapangan dan hasil dokumentasi berupa foto, video serta dokumen-dokumen lain yang didapat dari berbagai pihak. Aktivitas dalam analisa data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi, dan kredibilitas, serta menggunakan teknik analisis SWOT. Sumber utama dalam penelitian ini adalah pengerajin tenun. Lokasi penelitian Desa Sukarara. Hasil penelitian menunjukkan peran modal sosial masyarakat Desa Sukarara yang terdiri dari kepercayaan, jaringan, nilai dan norma. Kepercayaan masyarakat terdiri dari kepercayaan dalam membangun hubungan dan jaringan dengan sesama pengerajin, dengan pemilik artshop, dengan pengepul, dengan bank dan kooprasi serta kepercayaan dengan pemerintah desa dalam membantu proses pengembangan industri kerajinan tenun di Desa Sukarara. Jaringan merupakan bentuk kerja sama dan hubungan antara pengerajin dengan masyarakat secara internal dan hubungan diluar masyarakat dan dengan mengadakan even begawe nyensek yang dapat membantu proses promosi dan pengembangan industri tenun. Nilai dan norma yang mengatur perilaku pengerajin dalam membangun relasi dengan pemilik modal seperti bank dan kooprasi, dengan agen travel dan penerapatan aturan bagi pengunjung dan kelompok pengerajin tenun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Modal Sosial, Strategi, Kerajinan Tenun
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:35
Last Modified: 14 Sep 2020 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item