STUDI PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI DI DESA PARAMPUAN DENGAN GELAGAR WEB OPENING BEAM

ADRIAN, RIZKI WANTO (2020) STUDI PERANCANGAN STRUKTUR JEMBATAN GANTUNG PEJALAN KAKI DI DESA PARAMPUAN DENGAN GELAGAR WEB OPENING BEAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
4. Tugas Akhir (F1A016004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Saat ini masih banyak desa atupun tempat-tempat terpencil yang mengalami kesulitan akses transportasi akibat tidak tersedianya prasarana transportasi, khususnya jembatan untuk menyebrangi sungai. Salah satu sistem jembatan yang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah jembatan gantung untuk pejalan kaki. Jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat di beberapa pelosok pedesaan dalam menunjang kegiatan sosial dan ekonomi. Salah satu fenomena yang sering terjadi di masyarakat adalah tidak tersedianya jembatan yang dapat menghubungkan antara suatu desa dengan desa lainnya sehingga kegiatan perekonomian menjadi terhambat. Pada skripsi ini dilakukan permodelan jembatan gantung pejalan kaki kelas I yang berlokasi di Desa Perampuan, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Perencanaan ini membahas penjelasan mengenai latar belakang pemilihan konstruksi jembatan, perumusan tujuan hingga lingkup pembahasan diikuti dengan dasar – dasar perencanaan yang relevan. Jembatan direncanakan dengan pengaku kait angin yang berada di samping jembatan. Jembatan yang memiliki bentang side span dan bentang utama. Bentang utama jembatan 72 m dengan bentang tepi 12,85 m. Lebar bersih dek jembatan 1,8 m menggunakan pelat lantai pracetak beton bertulang yang didesain secara modular, gelagar menggunakan Profil Web Opening Beam atau Profil Terbuka, serta kabel strand sebagai kabel utama. Dari data – data perencanaan kemudian dilakukan analisa secara manual serta program SAP2000. Adapun untuk keamanan struktur dilakukan kontrol kekuatan terhadap gaya yang bekerja. Berdasarkan hasil analisa struktur yang dilakukan secara manual dengan program SAP 2000 diketahui bahwa seluruh komponen jembatan memenuhi persyaratan dalam memikul beban mati, beban hidup, beban angin, maupun beban gempa yang direncanakan. Lendutan gelagar pada ¼ bentang didapatkan 0,107 m pada perhitungan manual dan 0,224 m pada SAP 2000 dengan batas lendutan maksimum 1/200 L = 0,36 m. Dalam hal ini penggunaaan Web Opening Beam dengan dimensi 175.175.7,5.11 mm mampu menahan beban dan cukup aman dalam perencanaan. Untuk hasil perencanaan kabel sendiri diketahui bahwa memiliki tegangan sebesar 1690 kN melebihi tegangan maksimum sebesar 649,801 kN. Artinya kabel cukup aman dalam menahan beban-beban yang bekerja pada jembatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Jembatan Gantung, Web Opening Beam, Kabel.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:34
Last Modified: 14 Sep 2020 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item