PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III B SDN 1 PERESAK TAHUN AJARAN 2016/2017

Hamdani, Wawan (2018) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III B SDN 1 PERESAK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas III B SDN 1 Peresak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Metode Show and Tell Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III B SDN 1 Peresak Tahun Ajaran 2015/2016. Show and Tell adalah kegiatan Show atau menunjukan sesuatu kepada audiens dan tell menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu itu. Deskripsi dalam hal ini meliputi bentuk, warna, ukuran, komposisi dan guna unsur. Tell dalam show and tell juga mengandung pengertian menjelaskan, yakni menjelaskan asal muasal benda yang ditunjukan, menjelaskan fungsi benda secara umum, dan bahkan menjelaskan arti pentingnya benda bagi diri sendiri dan orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini digunakan penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia yang tergolong masih rendah dari KKM. Sebelum dilaksanakan penelitian, nilai rata-rata bahasa indonesia siswa yang diperoleh dari hasil nilai ulangan adalah 58,12 dengan ketuntasan klasikal 37,50%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode show and tell untuk aktivitas pembelajaranya pada siklus I pembelajaran pertama memperoleh skor 48 dengan kategori (baik) dan pada pembelajaran kedua memperoleh skor 50 dengan kategori (baik) . Hasil evaluasi keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,79 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,33% (indikator belum tercapai). Pada siklus II hasil evaluasi keterampilan berbicara siswa memperoleh nilai rata-rata 74,29 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,50% (indikator tercapai).. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:12
Last Modified: 24 Mar 2018 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item