MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER SIMPAN DINGIN DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR YANG DISUPLEMENTASI FILTRAT BUAH JAMBU BIJI DAN FILTRAT BUAH TIN

LITA, ARISKA SULISTIANA (2020) MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER SIMPAN DINGIN DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR YANG DISUPLEMENTASI FILTRAT BUAH JAMBU BIJI DAN FILTRAT BUAH TIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LITA ARISKA SULISTIANA (B1D016143).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Loboratorium Reproduksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram selama 3 bulan, dari bulan juni-Agustus 2020. Tujuannya untuk mengetahui daya preservasi pengencer standard berbasis tris kuning telur yang disuplementasi filtrat buah jambu biji dan filtrat buah tin terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa kambing Boer pada simpan dingin. Penelitian ini mempertimbangkan kandungan vitamin A (β-karoten) pada jambu biji dan kandungan vitamin C pada buah tin. Metode yang digunakan adalah experimental laboratorik dengan rancangan acak lengkap. Pengencer standard Tris + 2,5% kuning telur (v/v) sebagai kontrol (P0), selanjutnya pengencer perlakuan berturut-turut yaitu ditambah 10% filtrat buah jambu biji (P1) dan filtrat buah tin (P2). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Evaluasi terhadap semen segar meliputi volume, konsentrasi, konsistensi, warna, derajat keasaman, aroma, motilitas massa dan motilitas individu spermatozoa. Variabel yang diamati meliputi motilitas individu, motilitas progresif dan viabilitas spermatozoa sampai batas minimum motilitas 40%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rataan terbaik motilitas individu, motilitas progresif dan viabilitas yaitu 45,2±7,94, 33,0±10,2 dan 49,6±7,69 diperoleh dari P1, disusul oleh P2 yaitu 45,4±6,14, 30,4±8,38 dan 50,5±5,88 dibandingkan dengan P0 yaitu 30,6±5,85, 24,6±7,30 dan 40,7±5,77 selama penyimpanan 4 hari. Rataan penurunan motilitas individu, motilitas progresif dan viabilitas spermatozoa kambing Boer simpan dingin pada P0 lebih tinggi dibandingkan perlakuan menggunakan pengencer berbasis tris kuning telur disuplementasi filtrat buah jambu biji dan filtrat buah tin dikarenakan adanya kandungan antioksidan alami dalam kedua buah tersebut yang dapat mempertahankan semen dalam menangkal terbentuknya radikal bebas lebih sedikit dibanding tanpa perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : buah jambu biji, buah tin, kambing Boer, tris-kuning telur, spermatozoa vitamin A (β-karoten) dan vitamin C.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:30
Last Modified: 14 Sep 2020 08:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17029

Actions (login required)

View Item View Item