KAJIAN HUTAN KEMASYARAKATAN SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN DI HKm SWAGOTRA ARTHAGIRI DESA SABEDO KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA

RENI, HAPSARI (2020) KAJIAN HUTAN KEMASYARAKATAN SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN DI HKm SWAGOTRA ARTHAGIRI DESA SABEDO KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RENI HAPSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber pendapatan masyarakat, menganalisis pendapatan dari Hutan Kemasyarakatan dan Non Hutan Kemasyarakatan serta mengetahui kontribusi Hutan Kemasyarakatan dan Non Hutan Kemasyarakatan terhadap pendapatan petani. Lokasi penelitian terletak di Desa Sabedo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan alat bantu kuesioner terhadap 35 responden yang dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber pendapatan masyarakat berasal dari dalam dan luar Hutan Kemasyarakatan Swagotra Arthagiri. Pendapatan dari dalam Hutan Kemasyarakatan berupa pendapatan secara tidak langsung yaitu pemanfaatan sumber mata air sebagai irigasi dan kebutuhan rumah tangga, sedangkan pendapatan dari luar Hutan Kemasyarakatan berupa sektor pertanian dan peternakan dengan nominal rata-rata pendapatan bersih sebesar Rp.31.446.787/tahun. Kontribusi nilai Hutan Kemasyarakatan secara langsung terhadap pendapatan rumah tangga petani adalah 0%, namun nilai Hutan Kemasyarakatan berupa tersedianya air pertanian dan air bersih dari tiga sumber mata air. Pendapatan rumah tangga keseluruhan diperoleh dari pendapatan di luar Hutan Kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan, Hutan Kemasyarakatan, Kontribusi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:33
Last Modified: 14 Sep 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item View Item