ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA AGROINDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN KETEL UAP (BOILER) DAN METODE TRADISIONAL DI DESA PUYUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Liona, Meizanny Vergia (2020) ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA AGROINDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN KETEL UAP (BOILER) DAN METODE TRADISIONAL DI DESA PUYUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIONA MEIZANNY VERGIA (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Analisis Keuntungan Usaha Agroindustri Tahu menggunakan Ketel Uap (Boiler) dan Metode Tradisional di Desa Puyung Kabupaten Lombok Tengah” Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui perbandingan keuntungan usaha agroindustri tahu menggunakan Ketel Uap (Boiler) dan Metode Tradisional di Desa Puyung Kabupaten Lombok Tengah, (2) untuk mengetahui perbandingan efisiensi usaha agroindustri tahu menggunakan Ketel Uap (Boiler) dan Metode Tradisional di Desa Puyung Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan di Desa Puyung Kabupaten Lombok Tengah. Penentuan daerah sampel dilakukan secara sengaja (Purposive sampling) atas dasar survei pendahuluan. Berdasarkan survei pendahuluan tersebut diketahui bahwa agroindustri tahu yang menggunakan sistem pemanasan Ketel Uap (Boiler) dan Metode Tradisional keduanya hanya ada di Desa tersebut. Desa Puyung ditetapkan sebagai daerah penelitian. Penerapan jumlah responden tahu yang menggunakan Ketel Uap (Boiler) ditentukan dengan teknik sensus yakni sebanyak 6 responden. Sebagai pembanding untuk daerah penelitian usaha agroindustri tahu yang menggunakan Metode Tradisional ditentukan dengan rumus Slovin dari 50 populasi sehingga mendapatkan hasil sebanyak 22 responden tahu yang menggunakan Metode Tradisional. Total responden dari keseluruhannya adalah sebanyak 28 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keuntungan usaha agroindustri tahu yang menggunakan Ketel Uap (Boiler) adalah sebesar Rp. 6.001.789 per bulan, lebih besar daripada keuntungan agroindustri tahu yang menggunakan Metode Tradisional yakni sebesar Rp. 3.684.790 per bulan. (2) Efisiensi keuntungan usaha agroindustri tahu yang menggunakan Ketel Uap (Boiler) dan Metode Tradisional Setelah dihitung dan diuji menggunakan t-test nilai t-hitungnya 1,87 dan t-tabelnya 1,79. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keuntungan usaha agroindsutri tahu menggunakan Ketel Uap (Boiler) berbeda nyata usaha agroindustri yang menggunakan Metode Tradisional (signifikan). Sedangkan Efisiensi R/C Rationya tidak berbeda nyata. Dengan nilai t-hitung 0,09 dan t-tabel 1,70 (tidak sig), karena beda R/C rationya hanya 0,01 maka kedua sistem pemanasan tersebut sama-sama layak untuk diusahakan atau efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Agroindustri Tahu, Keuntungan dan Efisiensi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:30
Last Modified: 14 Sep 2020 08:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item