STUDI PENERAPAN METODE FLOW DURATION CURVE MAJEMUK PADA PEMBANGKIT LISTRIK MINIHIDRO (PLTM) KUMBI DI DESA LEBAH SEMPAGA KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

BAIQ, ANISA DWIZ OKTAFIA (2020) STUDI PENERAPAN METODE FLOW DURATION CURVE MAJEMUK PADA PEMBANGKIT LISTRIK MINIHIDRO (PLTM) KUMBI DI DESA LEBAH SEMPAGA KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH LENGKAP (F1A116011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) adalah pembangkit listrik dengan skala relatif kecil, yang memanfaatkan tenaga air sebagai sumber penghasil energinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi debit air pada Sungai Kumbi dengan maksud untuk dapat menghasilkan energi yang maksimum pada perencanaan PLTM Kokok Kumbi. Penelitian ini menggunakan beberapa FDC majemuk yaitu FDC 2, dan FDC 3. Selain itu juga, perhitungan tetap melibatkan FDC tunggal agar hasil akhir masing – masing FDC dapat dibandingkan. Selanjutnya berdasarkan hasil debit andalan yang diperoleh, akan dilakukan perhitungan hasil daya dan energi yang dapat dihasilkan oleh PLTM Kumbi. Data debit yang digunakan adalah data debit dari Stasiun AWLR Keru Peresak. Berdasarkan hasil perhitungan, energi dan daya optimal yang mampu dihasilkan PLTM Kumbi dihasilkan oleh FDC 3 dengan pengelompokan bulan basah 1, bulan kering dan bulan basah 2 adalah sebesar 3996550.454 KWh dengan peluang kegagalan 50% dan sebesar 2615177.098 KWh dengan peluang kegagalan 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): debit andalan, flow duration curve, dan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:30
Last Modified: 14 Sep 2020 08:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item