PERUBAHAN KOMPONEN RAGAM GENETIK PADA DAYA HASIL DAN BOBOT BRANGKASAN SEGAR TANAMAN JAGUNG AKIBAT DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN TEKNIK SELEKSI INDEKS

Cahyati, Ramdhani (2020) PERUBAHAN KOMPONEN RAGAM GENETIK PADA DAYA HASIL DAN BOBOT BRANGKASAN SEGAR TANAMAN JAGUNG AKIBAT DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN TEKNIK SELEKSI INDEKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Cahyati Ramdhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya perubahan ragam aditif dan ragam dominan daya hasil dan bobot brangkasan segar akibat delapan siklus seleksi massa dengan indeks dasar. Selain itu, ingin diketahui pula heritabilitas arti sempit beberapa sifat pada populasi siklus kedelapan. Percobaan pertama dilakukan dengan rancangan persilangan North Carolina 1 dan percobaan kedua dengan Rancangan Acak Kelompok. Pada percobaan kedua diuji 60 entress hasil persilangan dan diulang 2 kali, sehingga terdapat 120 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa komponen ragam genetik baik aditif maupun dominan semua sifat tidak menunjukkan perubahan secara nyata setelah populasi siklus kedelapan dengan teknik indeks dasar. Sifat tanaman yang memiliki ragam aditif lebih tinggi pada populasi kedelapan hasil seleksi indeks adalah jumlah daun, bobot brangkasan segar, panjang tongkol, dan bobot biji per tongkol. Sedangkan ragam dominan yang lebih tinggi dimiliki sifat tinggi tanaman, diameter batang, bobot tongkol kering panen, diameter tongkol, bobot 100 biji. Heritabilitas arti sempit tergolong tinggi pada populasi kedelapan hasil seleksi indeks dimilikil oleh sifat jumlah daun, bobot brangkasan segar, panjang tongkol. Heritabilitas tergolong sedang dimiliki oleh bobot biji per tongkol. Heritabilitas tergolong rendah dimiliki oleh tinggi tanaman, diameter batang, bobot tongkol kering panen, diameter tongkol, dan bobot 100 biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ragam aditif, ragam dominan, heritabilitas dan daya hasil.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:29
Last Modified: 14 Sep 2020 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item