KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX A SMPN 3 BOLO MELALUI METODE SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

LITA, NURFATUN (2020) KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN SISWA KELAS IX A SMPN 3 BOLO MELALUI METODE SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LITA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah analisis kemampuan siswa kelas IX A SMPN 3 Bolo memproduksi teks cerpen melalui metode saintfik dalam kurikulum 2013, yang ditinjau dari kemampuan siswa menerapkan kerangka berpikir metode saintifik dan kemampuan menggunakan struktur serta ciri kebahasaan teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kemampuan siswa kelas IX A SMPN 3 Bolo menerapkan kerangka berpikir metode saintifik dalam memproduksi teks cerpen melalui metode saintifik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan teknik padan itralingual dan ekstralingual dan teknik HBB, HBS, HBSP (Mahsun, 2017). Berdasarkan data yang diperoleh secara kuantitatif dan kualitatif, kemampuan siswa siswa kelas IX A SMPN 3 Bolo menerapkan kerangka berpikir metode saintifik berada pada kategori mampu karena rata-rata nilai yang diperoleh memenuhi kategori mampu yaitu 80. Kemampuan tersebut terlihat dari kemampuan siswa memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen dengan baik. Adapun kemampuan siswa kelas IX A SMPN 3 Bolo memproduksi teks cerpen berada pada kategori tinggi (mampu). Skor tertinggi yang diperoleh siswa yaitu 80, sedangkan skor cukup itu sendiri berada pada rentan angka 56-70.Dalam penggunaan struktur teks cerpen terdapat 18 siswa dari 24 responden yang mampu menggunakan stuktur berpikir lengkap.Adapun dalam penggunaan ciri kebahasaan siswa mampu memunculkan peranti kebahasaan yang digunakan untuk mengungkapkan cerita dalam teks cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Teks Cerpen, metode saintifik, struktur, ciri kebahasaan, kualitatif, kuantitatif, padan intralingual, ekstralingual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:29
Last Modified: 14 Sep 2020 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item