KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN HIAS PADA LAHAN PEKARANGAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA DI DESA BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT

Miracahyanti, Utami (2020) KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN HIAS PADA LAHAN PEKARANGAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA DI DESA BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menganalisis jenis tanaman hias yang diusahakan di lahan pekarangan, (2) untuk menganalisis pendapatan dari usahatani tanaman hias di lahan pekarangan, (3) untuk menganalisis sumber pendapatan rumahtangga selain usahatani tanaman hias di lahan pekarangan, (4) untuk menganalisis kontribusi dari usahatani tanaman hias di lahan pekarangan terhadap pendapatan rumahtangga di Desa Banyumulek, dan (5) untuk menganalisis masalah dalam usahatani tanaman hias di lahan pekarangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survei. Unit analisis adalah rumahtangga yang melakukan usahatani tanaman hias dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Penentuan responden dilakukan secara sensus. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tanaman hias yang diproduksi berupa jenis tanaman hias outdoor dan indoor, dari kedua jenis tanaman hias tersebut yang banyak diproduksi responden berupa jenis tanaman hias outdoor, seperti bunga pukul sembilan, seribu bintang, brokoli kuning, brokoli hijau, puring, bunga kertas, asoka biasa, asoka india, bonsang kuning, jasmine, Euphorbia, pucuk merah, lantana, adam hawa, cemara, bunga sepatu, crokot salju, kucay jebros, pakis sarang burung, kamboja, mawar, daun bahagia, daun miana, pandan bali, sambang darah, rambosan biasa, rambosan silver, samber lilin, krisan, matahari mini, dan miranti bali; sedangkan jenis tanaman hias indoor yang cukup banyak diusahakan diantaranya adalah angloenema, lidah mertua, lidah buaya, walisongo. lavender, lily paris, palem kuning, benjamin, sri rejeki, dan gelombang cinta. (2) Pendapatan rumahtangga dari usahatani tanaman hias di lahan lahan pekarangan adalah rata – rata sebesar Rp 42.551.386 pertahun. (3) pendapatan dari usahatani selain usahatani tanaman hias dilahan pekarangan sebesar Rp 1.647.938; dari usaha diluar usahatani sebesar Rp 2.090.625; dari upah atau gaji sebesar Rp 240.000; dan dari sumber lain sebesar Rp 900.000 pertahun. (4) Kontribusi pendapatan rumahtangga dari usaha tanaman hias dari pemanfaatan lahan pekarangan adalah sebesar Rp 42.551.386 terhadap 89,71%, dari total pendapatan rumahtangga selama setahun sebesar Rp 47.429.949. (5) Masalah yang dihadapi oleh rumahtangga dalam mengusahakan tanaman hias di lahan pekarangan adalah cuaca yang tidak menentu dan hama kutu putih.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kontribusi Pendapatan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:29
Last Modified: 14 Sep 2020 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item View Item