IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN MASBAGIK

BAIK, MARWATI (2019) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN MASBAGIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS - BAIK MARWATI (12K017003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi supervisi klinis pengawas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Lokasi penelitian di MTs Al Ijtihad Danger dan MTs Al Khaer Ambung Masbagik Timur yang dipilih dengan metodepurposive sampling. Pengumpulan datadengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menemukan bahwa, langkah kerja pengawas dalam melaksanakan supervisi klinis melaui tahap : perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. (1) Tahap Perencanaan, menyusun program tahunan, program semester, RKA dan jadwal supervisi serta mensosialisasikan pada kegiatan MGMP, sehingga semua kepala madrasah dan guru mengetahuinya kapan akan dilakukan supervisi klinis. (2) Tahap Pelaksanaan supervisi klinis meliputi: pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan. Kegiatan pada pertemuan awal adalah menyepakati aspek-aspek yang akan diobservasi dan menentukan jadwal observasi. Pada tahap observasi, mengamati dan mencatat semua kegiatan guru dan siswa di dalam kelas.Sedangkan padapertemuan balikan dilakukan pemberian feedbackterhadap hasil observasi tentang permasalahan yang dialami guru. (3) Tahap Tindak Lanjut bertujuan untuk membantu guru dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami pada saat melakukan pembelajaran di kelas yang dilakukan melalui kegiatan MGMP dan work shop. (4) Kompetensi pedagogik guru telah mengalami peningkatan, namun peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTs Al Ijtihad Danger lebih tinggi dari pada di MTs Al Khair Ambung yang disebabkan dukungan moril dan finansial dari pihak Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah MTs Al Ijtihad Danger lebih tinggi. (5) Kendala teknis yang sering terjadi adalah pengawas tidak bisa menepati jadwal supervisikarena terbentur kegiatan lain yang disebabkan beban tugas serta tanggung jawab pengawas yang relatif sangat berat. Sedangkan kendala non teknis hampir tidak ada karena kualifikasi atau kemampuan pengawas dalam melaksanakan supervisi klinis sangat bagus.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Supervisi klinis, pengawas dan kompetensi pedagogik
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:28
Last Modified: 14 Sep 2020 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item