SOENARKO, I GEDE KARUNIA (2018) HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN DENGAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA KELAS XI Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Program Sarjana (S1) Pendidikan Kimia PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMA/MA NEGERI MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT Perpustakaan.
Text
Skripsi (I Gede Karunia Soenarko).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pembelajaran dengan keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA/MA Negeri Mataram. Penelitian deskritif Expost Facto ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas XI IPA di MAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram, dan SMAN 6 Mataram yang terbagi dalam 14 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 236. Pengumpulan data keterampilan pengambilan keputusan siswa dengan angket dan observasi sebagai pendukung, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran kimia. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Hasil uji hipotesis menggunakan uji anakova satu jalur diperoleh Fhitung > Ftabel (22,58 > 3,03) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode pembelajaran dengan keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA/MA Negeri Mataram Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Keterampilan pengambilan keputusan, metode pembelajaran, hasil belajar kimia. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 24 Mar 2018 02:41 |
Last Modified: | 24 Mar 2018 02:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
View Item |