HUBUNGAN BIOSEKURITAS DENGAN KEJADIAN KOLONISASI EXTENDED-SPECTRUM BETA LACTAMASE ESCHERICHIA COLI (ESBL-EC) PADA PETERNAK AYAM DI DESA UNGGAS TERUWAI, LOMBOK TENGAH

David, Giffard Kawi Junior (2020) HUBUNGAN BIOSEKURITAS DENGAN KEJADIAN KOLONISASI EXTENDED-SPECTRUM BETA LACTAMASE ESCHERICHIA COLI (ESBL-EC) PADA PETERNAK AYAM DI DESA UNGGAS TERUWAI, LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI DAVID GIFFARD KAWI JUNIOR H1A017022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Latar belakang: Resistensi ESBL merupakan sebuah masalah global terhadap kesehatan hewan maupun manusia. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional pada peternakan ayam dapat memicu munculnya resistensi antibiotik ESBL-EC. Biosekuritas merupakan praktik pencegahan munculnya atau tersebarnya patogen dari ternak ke ternak, ternak ke peternak, dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan biosekuritas (yang diwakili oleh aspek jarak peternakan dengan rumah peternak, frekuensi pembuangan kotoran ayam, dan frekuensi pembersihan kandang dan area sekelilingnya) dengan kejadian kolonisasi ESBL-EC pada peternak ayam. Metode: Penelitian potong lintang yang dilakukan di Desa Teruwai, Lombok Tengah. Kriteria inklusi adalah peternak dengan usia >18 tahun yang diberikan kuesioner dan diambil swab rektal. Data diuji menggunakan koefisien kontigensi. Hasil: Terdapat 51 peternak, 19 mengalami kolonisasi ESBL-EC (37,3%). Tidak ditemukan perbedaan yang bermakna antara peternak yang peternakannya satu halaman dengan rumah dengan yang peternakannya berjarak >500 meter, antara peternak yang tidak rutin membuang kotoran ayam dengan yang rutin, dan antara peternak yang tidak rutin membersihkan kandang dengan yang rutin (p>0,005). Kekuatan korelasi yang didapatkan untuk ketiga variabel sangat lemah (r<0,2). Simpulan: Biosekuritas (yang diwakili oleh aspek jarak peternakan dengan rumah peternak, frekuensi pembuangan kotoran ayam, dan frekuensi pembersihan kandang dan area sekelilingnya) tidak memiliki perbedaan yang bermakna dan kekuatan korelasinya sangat lemah dengan kejadian kolonisasi ESBL-EC pada peternak ayam di Desa Unggas Teruwai, Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: ESBL-EC, peternak ayam, biosekuritas, jarak dari pemukiman, pembuangan kotoran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:17
Last Modified: 16 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17114

Actions (login required)

View Item View Item