PENGARUH PROPORSI TEPUNG BERAS MERAH DAN TEPUNG RUMPUT LAUT TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KUE IWEL TRADISIONAL KHAS LOMBOK

Khairul, Amri (2020) PENGARUH PROPORSI TEPUNG BERAS MERAH DAN TEPUNG RUMPUT LAUT TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KUE IWEL TRADISIONAL KHAS LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHAIRUL AMRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi tepung beras merah dan tepung rumput laut terhadap aktivitas antioksidan kue iwel tradisional khas Lombok. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yakni proporsi tepung beras merah dan tepung rumput laut dengan 6 perlakuan yaitu K0 (100%:0%), K1 (90%:10%), K2 (80%:20), K3 (70%:30%), K4 (60%:40%) dan K5 (50%:50%). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Parameter kimia yang diamati meliputi parameter kimia (aktivitas antioksidan, kadar air, kadar abu), dan parameter organoleptik (tekstur, warna, rasa dan aroma) secara hedonik dan skoring. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% menggunakan software Co- stat.Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan menggunakan Polynomial Orthogonal untuk parameter kimia dan Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5% untuk parameter organoleptik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi tepung beras merah dan tepung rumput laut pada K2 merupakan perlakuan terbaik dilihat dari total aktivitas antioksidan 58,80%; kadar air 17,13%; dan kadar abu 3,94% serta agak disukai panelis dengan tekstur agak kenyal, berwarna merah, berasa tepung beras merah dan tidak beraroma rumput laut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Iwel, tepung beras merah, tepung rumput laut
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:17
Last Modified: 16 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17118

Actions (login required)

View Item View Item