META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

YULIANI, YULIANI (2020) META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penelitian terdahulu tentang pengaruh penerapan metode saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, bentuk-bentuk penelitian terdahulu tentang dampak keterlaksanaan metode saintifik terhadap karakter (tanggung jawab) dan sikap sosial (kerjasama) peserta didik, bentuk-bentuk penelitian terdahulu tentang dampak keterlaksanaan metode saintifik terhadap hasil belajar peserta didik, dan perbandingan pengaruh penerapan metode saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks terhadap hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode pengamatan/observasi secara langsung baik secara online maupun offline. Metode analisis data yang digunakan adalah metode meta analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni secara formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa penerapan metode saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dapat meningkatkan hasil belajar dari mulai yang terendah dengan n-gain 0.19 dengan peningkatan hasil belajar yang berada pada kategori rendah yang memiliki persentase 19.29% yang berada pada tafsiran tidak efektif dengan selisih peningkatan sebesar 12.29%. Sampai dengan yang tertinggi 0.77 yang berada pada kategori tinggi dan 77.83% yang berada pada tafsiran efektif dengan selisih peningkatan sebesar 90.28%. Sedangkan rata-rata n-gain pada perbandingan hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh penerapan metode saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yaitu 0.41 yang berada pada kategori sedang dengan persentase 41.18 yang berada pada penafsiran kurang efektif dengan rata-rata selisih peningkatan sebesar 31.43%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pengaruh metode saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pengaruh metode saintifik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, dan pengaruh penerapan metode saintifik terhadap karakter siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:16
Last Modified: 16 Sep 2020 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item