ANALISIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! KARYA MUHIDIN M. DAHLAN DENGAN TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER

IDAWATI, IDAWATI (2020) ANALISIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! KARYA MUHIDIN M. DAHLAN DENGAN TEORI PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang psikologi tokoh utama dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! karya Muhidin M. Dahlan dengan enam aspek teori psikologi individual Alfred Adler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan psikologi tokoh utama dengan enam aspek teori psikologi individual Aflred Adler yang meliputi (1) perjuangan menjadi sukses atau superior, (2) pengamatan subjektif, (3) kesatuan kepribadian, (4) minat sosial, (5) gaya hidup, dan (6) kekuatan kreatif diri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan teknik catat. Istrumen penelitian menggunakan tabel yang berisi kata-kata, kalimat, atau kutipan-kutipan yang berkaitan dengan enam aspek kepribadian Alfred Adler dan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tokoh utama yakni Nidah Kirani memperjuangkan kesuksesan atau superiornya dengan jalan menjadi seorang muslimah yang taat dan menjadi seorang pelacur, (2) ketika ingin menjadi muslimah yang taat, pandangan subjektif Nidah Kirani adalah keinginan tersebut bisa terwujud dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, ketika menjadi pelacur sebaliknya, Nidah Kirani menjauhkan diri dari Tuhan, (3) jalan yang dipilih Nidah Kirani untuk mencapai kesuksesannya dengan menjadi muslimah yang taat dan akhirnya menjadi seorang pelacur dipilihnya secara sadar tanpa paksaan. Fisik maupun psikisnya sangat mendukung apa yang dipilihnya, (4) ketika memilih menjadi seorang muslimah yang taat, minat sosial tokoh utama tinggi, kesuksesan yang ingin diraihnya bukan hanya untuk dirinya sendiri akan tetapi untuk banyak orang juga. Ketika menjadi seorang pelacur, kesuksesan yang ingin dicapainya hanya untuk dirinya sendiri, (5) gaya hidup Nidah Kirani ketika ingin menjadi muslimah yang taat adalah rajin beribadah, menggunakan pakaian tertutup dan longgar, aktif mengikuti pengajian, diskusi, serta rajin membaca buku yang bisa menambah wawasannya tentang keislaman. Ketika menjadi pelacur, dia meninggalkan semua kebiasaannya tersebut, banyak menghabiskan waktunya di jalanan, bergaul, dan berhubungan dengan banyak lelaki, (6) kekuatan kreatif diri Nidah Kirani ketika ingin menjadi muslimah yang taat adalah menghabiskan banyak waktunya untuk beribadah, mengikuti beragam pengajian, membuat forum diskusi tentang keislaman, dan mengikuti organisasi gerakan Islam. Sedangkan ketika ingin menjadi pelacur, kekuatan kreatif diri yang ditempuh Nidah Kirani adalah bergaul dengan anak- anak jalanan, meninggalkan pos organisasi gerakan Islam yang ditempatinya, gonta ganti pasangan semaunya, mencari kontak para germo agar dirinya bisa lebih banyak tahu lagi tentang dunia pelacuran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: psikologi individual, novel “Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur!”, teknik, metode
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:15
Last Modified: 16 Sep 2020 02:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item