ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KEMISKINAN PETANI USAHATANI SEMANGKA DI DESA KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATENLOMBOK TENGAH

Mutiara, Mita Kasia (2020) ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KEMISKINAN PETANI USAHATANI SEMANGKA DI DESA KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATENLOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh dalam usahatani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, (2) Untuk mengetahui kelayakan usahatani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, (3) Untuk mengetahui besar kontribusi pendapatan usahatani semangka terhadap pendapatan rumahtangga petani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, (4) Untuk mengetahui tingkat kemiskinan petani di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, (5) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi petani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pendapatan yang dihasilkan petani pada usahatani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp. 11.849.576 per LLG atau Rp. 16.170.479 per Ha dalam satu kali proses produksi, (2) Usahatani Semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah layak diusahakan dilihat dari R/C ratio pada usahatani semangka adalah 1,8 yang artinya setiap Rp. 1000 biaya yang dikeluarkan maka akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1.800 Hal ini menunjukkan bahwa usahatani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah telah menguntungkan dan sudah layak diusahakan, (3) Kontribusi usahatani semangka terhadap pendapatan rumahtangga petani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dikatakan cukup berkontibusi yaitu sebesar 26,91persen, (4) Tingkat kemiskinan rumahtangga petani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah tergolong tidak miskin dengan rata-rata pendapatan/kapita/tahun sebesar Rp. 19.568.938 atau setara dengan 1957kg beras/kapita/tahun berdasarkan kriteria Sajogyo dan tergolong tidak miskin berdasarkan Bank Dunia karena pendapatan per kapita per hari nya sebesar US $3,6 atau lebih dari US $2, (5) Hambatan yang terjadi pada usahatani semangka di Desa Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah adalah cuaca dan harga jual.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pendapatan dan Tingkat Kemiskinan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:12
Last Modified: 16 Sep 2020 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item