PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

Lalu, Romi Setiawan (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU ROMI (E1Q016030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model anchored instruction berbantuan video yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Desain penelitian yang diadaptasi dari model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tahapan penelitian dibatasi sampa dengan tahap develop. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah serta video pembelajaran. Hasil validitas dari empat validator dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI) menunjukkan nilai 1 (sangat valid) untuk seluruh produk yang dikembangkan. Perhitungan reliabilitas menggunakan perhitungan Percentage Agreement (PA) menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki nilai PA lebih besar dari 75% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model anchored instruction, video pembelajaran, penguasaan konsep, dan kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:12
Last Modified: 16 Sep 2020 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item View Item